Doa Hujan

Gambar Doa Ketika Hujan

Pada artikel ini dibahas mengenai hadist hujan dan doa √ Doa Ketika Hujan √ Doa Ketika Hujan Deras √ Doa Setelah Turun Hujan

Hujan adalah salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta banyak hal kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala.

Bukankah waktu yang lain juga mustajab ? Benar, namun ada waktu-waktu yang dimana Rasulullah menganjurkan untuk banyak berdoa diantarannya adalah waktu ketika turunnya hujan.

Keutamaan Berdoa di Waktu Hujan

Kautamaan dari berdoa di waktu hujan sesuai dengan hadist yang diambil dari Sahl bin Sa’d, beliau mendengar dari Rasulullah, Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam Bersabda :

Keutamaan Berdoa Di Waktu Hujan
Keutamaan Berdoa Di Waktu Hujan

Doa Ketika Hujan

Lalu doa apa yang kita panjatkan ketika turun hujan ? Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam mengajarkan apabila allah sedang menurunkan rahmat berupa air hujan dari langit hendaklah kalian membaca “Allahumma shoyyiban nafi’an

Adapun hadist yang menjelaskan doa tersebut adalah hadist dari Ummul Mukminin, “Aisyah Radhiyallahu ‘anha :

Doa Ketika Hujan
Doa Ketika Hujan

Doa Ketika Hujan Arab

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Doa Ketika Hujan Latin

Allahumma shoyyiban nafi’an

Terjemahan Doa Ketika Hujan 

Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Hadist diatas juga di jelaskan oleh Ibnu Baththol beliau menyampaikan bahwa “Hadist ini berisi anjuran dari Rasulullah untuk berdoa ketika turun hujan, yang tujuannya agar allah senantiasa menjadikan hujan ini kebaikan dan keberkahan untuk hambaNya ( Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah )

Namun ada kala-nya hujan ini turun tak seperti biasannya, jika biasanya hujan turun dengan intensitas yang tidak begitu besar atau sedang, namun saat ini hujan turun begitu lebat bahkan disertai dengan petir yang membuat bulu kuduk menjadi merinding.

Dan ternyata apabila terjadi demikian, Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam juga sudah pernah mengalami dan Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam mengajarkan sebuah doa ketika turun hujan lebat yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yaitu :

Gambar Do’a Ketika Hujan Besa
Gambar Do’a Ketika Hujan Besa

Doa Ketika Hujan Besar Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Doa Ketika Hujan Besar Latin

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Terjemahan Doa Ketika Hujan Besar

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan

Syaik Sholih As Sadlan menanggapi hadist diatas bahwa, hadist diatas dibaca ketika hujan turun begitu lebat dan khawatir akan menimbulkan hal-hal yang negativ atau membahayakan, penjalasan ini bisa kalian lihat di ( Dzikru wa Tadzkir, Sholih As Sadlan, hal.28, Asy Syamillah )

Ketika hujan mulai redup, mulai sedikit demi sedikit menteskan airnnya dan perlahan berhenti, Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam juga mengajarkan sebuah doa, yang dimana bisa kita amalkan.

Diantara doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam ketika Hujan Berenti ini adalah “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih” :

Doa Ketika Hujan Berenti
Doa ketika Hujan Berenti

Hadist diatas diambil dari kisah sahabat yang bernama Zaid bin Kholid Al Juhani, dimana Nabi Shallalahu ‘alahi wassalam melakukan shalat shubuh bersama kami di Hudaibiyah, setelah turunnya hujan.

Tatkala selesai menunaikan sholat, beliau Shallalahu ‘alahi wassalam menghadap ke arah kami ( Jamaah Sholat ) lalu beliau menyampaikan bahwa “Apakah kalian tau, apa yang dikatakan oleh Rabb kalian yaitu Allah ?”

Kemudian kami menjawab “Laa ya Rasulullah” atau Tidak ya Rasulullah, sesungguhnya allah dan rasulnnyalah yang lebih mengetahui.

Lalu Rasulullah Shallalahu ‘alahi wassalam menyampaikan hadist seperti diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
waktu sholat maghrib
Selengkapnya

Sholat Maghrib

Pada Artikel kali ini temenngaji.com akan membahas mengenai √ Tata Cara Sholat Maghrib dari mulai √ Keutamaan √ Niat √…
Gambar Niat Puasa Syawal
Selengkapnya

Niat Puasa Syawal

Mau dapat pahala puasa satu tahun penuh tanpa jeda ? Yuk, puasa enam hari syawal, berikut tuntunan dan…
Panduan Sholat Tahajud
Selengkapnya

Doa Sholat Tahajud

Bagi seorang muslim Ibadah mendirikan sholat fardhu adalah menjadi hal yang wajib bagi setiap Insan, namun di samping…