Niat Puasa Tarwiyah

Gambar Niat Puasa Tarwiyah

Tarwiyah apa itu hari tarwiyah ? Menurut Guru kita ustadz buya yahya, hari tarwiyah itu adalah hari persiapan sebelum wukuf di Arafah.

Dimana pada hari itu banyak orang mengumpulkan bekal untuk persiapan wukuf di arafah.

Tepatnya pada hari ke 8 di bulan dzulhijjah, lalu adakah puasa di hari tarwiyah ini ? berikut adalah dalillnya.

Dalil Puasa Tarwiyah

Dalil Puasa Tarwiyah

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين (أبو الشيخ ، وابن النجار عن ابن عباس)

Puasa pada hari tarwiyah (8 Dzulhijah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa dua tahun.

Diriwayatkan oleh Abusy Syaikh dan Ibnu An Najjar dari Ibnu ‘Abbas.

Ibnu Jauzi mengatakan hadist ini tidak shahih, Asy Syaukani mengatakan hadist ini tidak shahih dan ada perawi (orang yang meriwayatkan hadist) yang pendusta, dan Syaikh Al Albani mengatakan hadist ini Dho’if (lemah).

Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan “tidak boleh bersandar terhadap hadist-hadist yang dho’if (lemah).

Namun Imam Ahmad bin Hambal dan juga para ulama lainnya membolehkan meriwayatkan hadist dhoif apabila tidak ditemukan hadist shaihnya dan diriwayatkan oleh perawi yang berdusta.

Dan Boleh mengamalkan isinnya apabila diketahui ada dalil syari yang menudukung hadist dhoif tersebut.

Namun para ulama sepakat bahwa tidak boleh menyatakan ibadah tersebut wajib atau sunnah apabila berdasar degan hadist dho’if (Al Majmu’ Al Fatawa, 1: 250-251)

Namun Bisakah tetap berpuasa Tarwiyah atau puasa di hari ke 8 bulan dzulhijjah ?

Menurut penulis, tentu boleh! Namun bukan bersandar terhadap hadist diatas, melainkan hadist mengenai keutamaan beramal di awal bulan Dzulhijjah, sebagaimana yang telah disebutkan pada artikel sebelumnnya yaitu artikel “Keutamaan Bulan Dzulhijjah”.

Hal ini dijelaskan didalam hadist Ibnu ‘Abbas :

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shalih yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).”

Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah pun tidak bisa mengalahkan kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali sedikit pun.”

(HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim)

Niat Puasa Tarwiyah

Sebagaimana yang kami jelaskan diatas bahwa hadist mengenai puasa tarwiyah memiliki cacat atau dhoif, sehingga tidak bisa diamalkan.

Sedangkan apabila kita mengambil hadist mengenai keutaamaan beramal dibulan Dhulhijjah kita masih bisa melakukan puasa di hari ke 8 bulan dzulhijjah atau dikenal sebagai puasa tarwiyah.

Adapun niat puasa pada hari ke 8 ini adalah sebagai berikut :

Niat Puasa Dzulhijjah Hari ke 8


نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin :

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.

Membaca niat di jaharkan (dikeraskan) atau di sirr kan (diam) ? Jawaban ini telah kami bahas tuntas pada artikel “Perlukah kita melafadzkan niat ketika hendak beribadah”.

Semoga bermanfaat, jangan salah mengambil hadist untuk dijadikan sebuah dalil dalam beribadah begitu juga dengan penulis.

Apabila dalam artikel ada ayat atau hadist yang tidak sesuai mohon segera hubungi admin untuk segera diperbaiki.

Semoga kita semua dapat bersama sama saling mendekatkan diri kepada Allah, dan menjadi hamba yang taat kepada Allah, Aamiin

Referensi Penulis :

  1. Rumaysho.com Artikel (Ustadz. Muhammad Abduh Tuasikal, MSc)
  2. Islami.co Artikel (Ustadz. M. Alvin Nur Choironi)
  3. Youtube : Al Bahjah Tv (Buya Yahya)
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Gambar Puasa Sunnah Paling Banyak Keutamaannya
Selengkapnya

Puasa Sunnah

Puasa sunnah adalah suatu amalan ibadah yang dapat kita lakukan di luar ibadah puasa yang wajib. Ada banyak…
Gambar Niat Puasa Sya'ban
Selengkapnya

Puasa Sya’ban

Akibat Panedmi Virus Corona membuat perhatian kita menjadi lalai terhadap hal besar yang kita akan alami. Bahkan sampai-sampai…
Gambar Niat Puasa Senin Dan Kamis
Selengkapnya

Niat Puasa Senin Kamis

Puasa adalah sebuah ibadah yang begitu banyak memiliki keutamaan. Dengan menjalankan puasa seseorang akan terlepas dari berbagai godaan…