Puasa Sunnah

Gambar Puasa Sunnah Paling Banyak Keutamaannya

Puasa sunnah adalah suatu amalan ibadah yang dapat kita lakukan di luar ibadah puasa yang wajib.

Ada banyak macam puasa yang dikenal masyarakat kita, yang dimana puasa sunnah atau ibadah sunnah ini adalah pelengkap, penyempurna dari ibadah yang wajib.

Diantara banyaknya amalan puasa sunnah taukah anda puasa-puasa sunnah yang menjadi anjuran untuk di jalankan ? berikut adalah ulasan lengkapnnya :

8 Macam Puasa Sunnah yang di Anjurkan

1. Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis adalah anjuran puasa sunnah yang bisa anda laksanakan, dalilnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.

(HR. Tirmidzi no. 747. Shahih dilihat dari jalur lainnya).

Hal ini bisa anda baca lebih lengkap pada artikel => Puasa Senin Kamis, tata cara dan keutamannya.

2. Puasa Ayyamaul Bidh

Puasa tiga hari setiap bulannya atau dikenal sebagai puasa ayyamul bidh juga menjadi salah satu puasa sunnah yang dianjurkan, berikut adalah dalilnnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] mengerjakan shalat Dhuha, [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.

( HR. Bukhari no. 1178)

3. Puasa Daud

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling di sukai oleh Allah Subhannahu Wa ‘Ta”alla, dalillnya :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أحَبُّ الصِّيَامِ إلى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ، وَأحَبُّ الصَّلاةِ إِلَى اللهِ صَلاةُ دَاوُدَ: كَانَ يَنَامُ نِصْفَ الليل، وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَكَانَ يُفْطِرُ يَوْمًا وَيَصُوْمُ يَوْمًا

Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur separuh malam, dan bangun pada sepertiganya, dan tidur pada seperenamnya. Beliau biasa berbuka sehari dan berpuasa sehari.”

(HR. Bukhari no. 3420 dan Muslim no. 1159)

4. Puasa Sya’ban

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan,

لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.”

(HR. Bukhari no. 1970 dan Muslim no. 1156).

5. Puasa 6 Hari Syawal

Barang siapa yang berpuasa ramadhan penuh dan kemudian dilanjutkan dengan puasa sunnah enam hari syawal, maka akan mendapat ganjaran seperti puasa satu tahun penuh masya allah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.”

(HR. Muslim no. 1164)

6. Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah menjadi salah satu puasa sunnah yang begitu di anjurkan, bahkan kata rasullullah keutamannya melebihi jihad dijalan allah, berikut dalilnnya:

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.

(HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968. Shahih).

7. Puasa Arafah

Puasa ‘Arofah ini atau puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah merupakan salah satu dari puasa yang sangat di anjurkan, dalilnnya dari Abu Qotadah Al Anshoriy beliau berkata :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arofah? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu

(HR. Muslim no. 1162).

Hal ini bisa anda baca lebih lengkap pada artikel => Puasa Asyura, tata cara dan keutamannya.

8. Puasa Asyura

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

(HR. Muslim no. 1163)

Hal Penting Ketika Ingin Melakukan Puasa Sunnah

1. Niat Puasa Sunnah

Niat puasa sunnah ini boleh dilaksanakan sebelum atau setelah fajar, dalillnya dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata :

دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ « هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ ». فَقُلْنَا لاَ. قَالَ « فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ ». ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ « أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا ». فَأَكَلَ.

Pada suatu hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemuiku dan bertanya, “Apakah kamu mempunyai makanan?” Kami menjawab, “Tidak ada.”

Beliau berkata, “Kalau begitu, saya akan berpuasa.” Kemudian beliau datang lagi pada hari yang lain dan kami berkata,

“Wahai Rasulullah, kita telah diberi hadiah berupa Hais (makanan yang terbuat dari kura, samin dan keju).” Maka beliau pun berkata, “Bawalah kemari, sesungguhnya dari tadi pagi tadi aku berpuasa.”

(HR. Muslim no. 1154)

2. Boleh Membatalkan Puasa Sunnah

Sebagaimana hukumnya, puasa sunnah boleh di batalkan apabila seseorang yang berpuasa ingin membatalkannya.

Dengan catatan ada udzhur syar’i yang membuat dirinnya harus membatalkannya.

Karena hukumnnya sunnah, bagi yang tidak berpuasa pun tidak berdosa, dan bagi orang yang berpuasa kemudian karena suatu hal dirinnya ingin membatalkannya, dirinnya pun tidak mendapat dosa.

Tapi sebaliknya apabila dirinnya bisa menyempurnakan puasa suannah ini maka akan mendapat pahala.

3. Seorang Istri Harus Izin Suami ketika hendak berpuasa Sunnah

Seorang istri yang sedang bersama suaminnya harus meminta izin terlebih dahulu kepada suaminnya ketika hendak melaksanakan puasa sunnah, dalilnnya dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لاَ تَصُومُ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ

Janganlah seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada kecuali dengan seizinnya.”

(HR. Bukhari no. 5192 dan Muslim no. 1026)

Imam An Nawawi rahimahullah juga menjelaskan perihal hadist diatas, bahwa puasa sunnah yang dimaksud diatas adalah puasa sunnah yang tidak terikat waktu tertentu.

Dan larangan yang dimaksud dari hadist diatas adalah larangan haram dimana ini juga ditegaskan oleh para ulama Syafi’iyah.

Adapun apabila suaminnya sedang tidak berada di dekatnya, sedang pergi safar ataupun dalam perjalanan yang jauh, si istri boleh melakukan puasa sunnah.

Hal ini karena tidak mungkin suami akan mengajak istrinya berhubungan karena si suami tidak sedang berada didekat istrinnya. wallahu ‘alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Gambar Niat Puasa Asyura
Selengkapnya

Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah salah satu dari puasa sunnah yang di ajarkan oleh Rasullullah Shallallahu ’alaihi wa sallam. Dari…
Gambar Niat Puasa Sya'ban
Selengkapnya

Puasa Sya’ban

Akibat Panedmi Virus Corona membuat perhatian kita menjadi lalai terhadap hal besar yang kita akan alami. Bahkan sampai-sampai…
Gambar Niat Puasa Nabi Daud
Selengkapnya

Niat Puasa Daud

Puasa daud adalah sebaik baik puasa sunnah yang bisa kita laksanakan sebagai umat muslim. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr…