Shalat Istikharah

Istikharah
Istikharah

Menentukan suatu pilihan jika tidak di landasi dengan kemantapan hati memang terkadang menjadikan kita bimbang dan ragu, benar atau tidaknnya, baik atau buruknya pilihan tersebut untuk kita.

Maka dari itu kita sebagai seorang muslim jika di hadapkan dalam suatu pilihan yang bila mana pilihan itu membuat kita ragu dalam menentukan maka tunaikanlah sholat sunnah 2 rakaat, yang sering kita sebut sebagai sholat Istikharah.

Sholat Istikharah

Diantara riwayat yang paling masyhur mengenai sholat istikharah ini adalah riwayat yang di sampaikan oleh sahabat Jabbir bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘anhu beliau mendengar Rasulullah bersabda :

Doa Sholat Istikharah

Rasulullah Shallalahi ‘Alaihi Wa Sallam, mengajarkan kepada kami mengenai sholat istikharah, yaitu apabila kami menemui suatu perkara / urusan maka hendaknnya melakukan sholat istikharah.

Keutamaan Sholat Istikharah

Bersandar kepada sebaik-baiknnya tempat bersandar tentu akan mendapat jawaban yang tepat lagi menangkan, dan diantara keutamaan atau faedah sholat istikharah adalah :

1. Menenangkan Diri

Salah satu dari kebahagiaan hidup adalah Tenang, entah apapun masalahnnya tapi ketika sholat dan sabar menjadi penolong, tentu hati ini akan terasa tenang dan menganggap semua itu hanya bentuk sayang Allah kepada hambannya.

2. Pasrah terhadap apapun ketetapan Allah

Meminta petunjuk kepada allah dalam menentukan suatu pilihan akan membuat hati kita kuat dan yakin kalau memang allah lah tempat sebaik-baiknnya bersandar dari segala keraguaan yang ada di dalam hati.

Sesui dengan firman allah di dalam Al Qur’an yang berbunyi :

sholat istikahrah

3. Membulatkan kemantapan Hati

Ketika kita sudah meminta kepada Zat yang maha mengetahui, zat yang maha agung tentu akan membuat kita semakin mantap dalam melangkah dan membuat kita semakin taat atas segala jawaban yang telah allah berikan.

Sholat Istikharah Jodoh

Keutaman sholat istikharah yang lainnya adalah dalam perihal menentukan pasangan, karena apa ? Karena menentukan pasangan adalah sebuah Ibadah yang paling panjang dalam hidup manusia, maka dari itu salah satu hal yang di anjurkan bahkan wajib di lakukan adalah meminta petunjuk kepada sang pencipta atas calon pasangan hidup kita.

Namun, jangan di salah artikan kalau sholat istikharah itu hanya untuk meminta pasangan, tentu tidak.

Karena sholat istikharah itu di lakukan untuk apa saja, ketika hati kita di hadapkan dalam suatu pilihan yang dimana kita belum mengetahui mana yang baik dan buruk untuk kita maka tunaikanlah sholat Istikharah,

Waktu Shalat Istikharah

Kapan waktu sholat istikharah di dirikan ? jawabnnya adalah kapan saja, baik siang malam ataupun di pagi hari dan terpenting tidak di waktu-waktu terlarang, atau yang di larang untuk mendirikan sholat seperti pada waktu “ashar sampai dengan maghrib” . 

Namun jika mengutip pendapat dari ceramah Ust. Dr. Firanda Andirja, Ma dengan judul ceramah “andai hidayah dapat kubeli” beliau mengatakan di sesi tanya jawab, bahwa sholat istikharah ini bahkan bisa di lakukan di waktu-waktu terlarang, tapi dengan Catatan, jika memang tinggal hanya waktu itu saja kita dapat melakukan sholat, setelah itu tidak ada waktu lagi, maka di perbolehkan.

Niat Sholat Istikharah

Untuk niat ketika ingin menunaikan sholat istikharah sendiri, sebagaimana yang telah di bahas mengenai Niat di artikel sebelumnnya yaitu Panduan Sholat Tahajud

Bahwa niat adannya di dalam hati, adapun niat yang beredar pada saat ini seperti :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushalli sunatan istikharati rok ‘ataini lillahi ta’ala.”

Artinnya :

“Aku berniat melaksanakan Shalat Sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Itu kami sendiri belum menemukan penguat atas lafadz niat tersebut, sebagaimana yang telah di jelaskan para guru kita, bahwa letak niat itu di dalam hati.

Syarat mendirikan Sholat Istikharah

Tidak ada hal yang berbeda ketika mendirikan sholat itikharah dengan mendirikan sholat lainnya

  1. Suci, yaitu terbebas dari hadast besar maupun kecil
  2. Berwudhu
  3. Mendirikan sholat istikharah di tempat yang bukan najis
  4. Tumaninah

Tata cara mendirikan Sholat Istikharah

Tata cara dalam mendirikan sholat istikharah sama dengan mendirikan sholat lainnya yaitu :

1. Berdiri (bagi yang mampu jika tidak di perkanankan untuk duduk ataupun sambil tertidur)

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca surah Al Fatihah pada setiap rakaat sholat

4. Rukuk

5. Iktidal setelah Rukuk

6. Sujud dua kali dengan tuma’ninah

7. Duduk diantara dua sujud

8. Duduk dan membaca tashyadud Akhir

9. Membaca sholawat kepada Nabi pada tashyadud Akhir

10. Salam

Doa Sholat Istikharah

Memanjatkan doa ketika selesai menunaikan ibadah adalah suatu hal yang wajib bagi setiap muslim, karena memang diantara waktu yang mustajab ketika berdoa adalah ketika kita selesai menunaikan sholat.

Adapun bacaan yang bisa di baca ketika selesai menunaikan ibadah sholat istikharah adalah :

Sholat Istikharah

Doa Sholat Istikharah Latin

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaghfiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Arti Doa Sholat Istikharah

“Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu, dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan, dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu, dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. Kemudian dia menyebut keinginannya”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Niat sholat isya
Selengkapnya

Shalat Isya

Tidak hanya sholat Shubuh yang memiliki banyak fadilah atau keistimewaan di dalamnnya, ternyata sholat Isya pun sama. Bahkan…
Panduan Sholat Tahajud
Selengkapnya

Doa Sholat Tahajud

Bagi seorang muslim Ibadah mendirikan sholat fardhu adalah menjadi hal yang wajib bagi setiap Insan, namun di samping…
Gambar Dzikir Petang
Selengkapnya

Dzikir Pagi

Dzikir apa itu dzikir ? Dzikir berasal dari kata Al-zikr atau dalam maknanya berarti sebuah aktivitas Ibadah untuk menghamba…