Shalat Shubuh

niat sholat shubuh

Diantara beberapa waktu yang allah perintahkan umatnnya untuk memperbanyak doa pada waktu itu adalah waktu shubuh, allah berfirman di dalam Qs. Al Isra : 78 yang berbunyi :

Surah Al Isra Ayar 78
At Taisir

Allah mengatakan di salah satu firmannya bahwa ketika kita menunaikan sholat shubuh itu sesungguhnya kita sedang di saksikan oleh para Malaikat, masya allah.

Namun terkadang sholat shubuh ini malah menjadi salah satu sholat wajib yang sering terlalaikan oleh para kaum muslimin, tidak tau karena kesibukan dunia kah yang membuat kita lalai ataupun hal yang lain, tapi terlepas dari itu ternyata banyak sekali keutamaan dari sholat shubuh sendiri, yang dimana sholat sunnah sebelum shubuh saja kata para guru kita “lebih dari dunia dan seisinnya” masya allah bukan ?

Lalu apa sajakah sebenarnnya keutamaan shalat shubuh ini ? berikut admin telah mengambil beberapa referensi :

Keutamaan Sholat Shubuh

Sebelum membahas mengenai keutaman dari sholat shubuh yang begitu banyak, coba kita perhatikan hadist nabi yang di riwayatkan oleh Imam Muslim berikut :

Dua rakaat (sebelum) shalat fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya. (HR. Muslim).

Masya allah, bahkan sholat sunnah 2 rakaat sebelum shubuh atau juga di kenal sebagai sholat qobliyah shubuh ini di umpakan oleh baginda rasulullah, lebih baik dari dunia dan seisinnya.

Sholat sunnahnnya saja begitu mulia keutamaannya apalagi sholat wajibnya ? Jadi kita tahu orang terkaya di dunia ini itu bukan Bil Gates pendiri microsoft, melainkan para pejuang shubuh, yang sholat sunnahnnya saja mereka jaga apalagi yang wajib.

Diantara keutamaan dari sholat shubuh ini adalah di kutib dari sahabat rasulullah yaitu Jundab bin ‘Abdillah ru, bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah bersabda :

Keutamaan Sholat Shubuh

Tidak hanya itu saja, keutaman sholat shubuh juga ernah di riwayatkan oleh Abu Musa, bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sholat Shubuh

Ibnu Baththol rahimahullah berkata, “Shalat shubuh akan membuat seseorang mendapatkan perhatian Allah pada hari kiamat. Kenapa dikhususkan dua shalat ini? Beliau mengatakan karena berkumpulnya para malaikat malam dan siang di dua waktu tersebut.Dan ini juga lah salah satu makna firman Allah di dalam Qs. Al Isro’ : 78

وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isro’: 78) (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/250, Asy Syamilah)

Dari ‘Umaroh bin Ruaibah juga meriwayatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Shalat shubuh akan membuat seseorang mendapatkan perhatian Allah

Azhim Abadi rahimahullah, penulis ‘Aunul Ma’bud juga menjelaskan megenai hadits tersebut,

“Yaitu maksudnya adalah melaksanakan shalat Shubuh dan ‘Ashar secara rutin.

Dikhususkan dua shalat ini karena waktu shubuh adalah waktu tidur dan waktu ‘Ashar adalah waktu sibuk beraktivitas dengan berdagang.

Barangsiapa yang menjaga dua shalat tersebut di saat-saat kesibukannya, tentu ia akan lebih menjaga shalat fardhu lainnya karena shalat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Kedua waktu tersebut juga adalah waktu yang dipersaksikan para malaikat malam dan siang.

Tata Cara Sholat Shubuh

Dalam pelaksanaan sholat shubuh ini tentu sama halnnya dengan sholat-sholat wajib lainnya, atau jika temen-temen pengen baca tata cara sholat yang baik seperti apa bisa baca artikel Tata Cara Sholat Sesuai Sunnah.

Namun ada sedikit hal yang menjadi iktilaf atau perbedaan dalam pelaksanaan sholat tahajud contohnnya, Qunut Shubuh.

Hal ini bahkan menjadi pertentangan di masyarakat, padahal para ulama kita saja saling menghormati perbedaan, karena mereka tau mengenai asal muasal dari qunut shubuh.

Kalau kata Gurunda Ustadz Abdul Somad, yang qunut shubuh bagus, yang ngga qunut shubuh pun bagus yang salah ? yang ngga sholat shubuh. Kalau qunut shubuh saja di pertikaikan lalu siapa yang ketawa ? ya orang-orang yang ngga sholat shubuh. Masya allah begitulah sedikit canda dari gurunda kita Ustadz Abdul Somad Lc.Ma.

Tapi bagi teman-teman yang menjalankan sholat shubuh di barengi dengan qunut, berikut adalah contoh dari doa qunut shubuh.

Bacaan Doa Qunut Shubuh Arab

Bacaan Doa Qunut Shubuh

Bacaan Doa Qunut Shubuh Latin

“Allahummah dinii fii man hadait. Wa’aafinii fii man ‘aafaiit. Wa tawallanii fii man tawallaiit. Wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarramaa qadthaiit. Fa innaka taqdthii walaa yuqthdaa ‘alaiik. Wainnahu laa yadzillu man wãlaiit. Walaa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaa rakta rabbanaa wata ’aalait Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit Astaghfiruka wa atuubu ilaiik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Artinnya :

Arti doa qunut shubuh

Bacaan Dzikir atau Doa setelah Sholat Shubuh

Adapun hajat atau doa-doa yang kita panjatkan setelah selesai menunaikan sholat shubuh itu sama halnnya seperti kita melakukan doa ketika selesaikan menjalankan sholat lainnya, seperti istiqhfar, tahmid, takbir, tahlil dan semacamnnya.

Adapun alangkah baiknnya jika kita menambah dengan doa-doa lainnya karena memang waktu shubuh adalah salah satu waktu yang mudah di ijabahnnya doa, seperti :

Dzikir atau Doa setelah Sholat Shubuh

Artinnya :

“Aku minta ampun kepada Allah,” (3x). Lantas membaca: “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Dzikir setelah sholat shubuh

“Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan.”

Dzikir atau Doa setelah Sholat Shubuh

“Tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujaan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepadaNya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci.”

Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar

“Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, dan Allah Maha Besar (33 x). Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan. BagiNya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas setiap selesai shalat (fardhu).

Membaca ayat Kursi setiap selesai shalat (fardhu).

Laa ilaha illallah

“Tiada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan, bagi-Nya segala puja. Dia-lah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi roh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 10 x setiap sesudah shalat Maghrib dan Subuh)

Dibaca setelah salam shalat Shubuh

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima.” (Dibaca setelah salam shalat Shubuh).

Semoga dzikir yang sederhana ini bisa rutin kita amalkan setelah shalat sehingga Allah berkahi aktivitas harian kita.

Wallahu waliyyut taufiq. Walhamdulillah, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa sallam.

Bacaan Doa Selesai Sholat Subuh

Diriwayatkan dari Ummu Salamah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu membaca doa selesai sholat shubuh dengan bacaan:

Dibaca setelah salam shalat Shubuh

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rizki yang baik.” (HR: Ibnu Majah)

Ancaman bagi orang-orang yang Meninggalkan Sholat Shubuh

Ancaman bagi orang-orang yang sengaja dalam meninggalkan sholat shubuh adalah kekufuran, dimana hal ini di nukil dari sahabat Radhiyallahu Ajmain, Nabi Shallalalahu ‘alaihi wa salam bersabda :

Ancaman bagi orang-orang yang Meninggalkan Sholat Shubuh

Dalam hadits lain Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Meninggalkan Sholat Shubuh

Naudzubillahimindalik, semoga kita semua senantiasa di mudahkan oleh allah dalam menjalan kewajiban kita sebagai umat muslim, agar kita terhindar dari apa yang telah di kabarkan oleh baginda yang mulia Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, aamiin.

Wallahu waliyyut taufiq.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Gambar Dzikir Petang
Selengkapnya

Dzikir Petang

Dzikir Petang, Pada artikel sebelumnnya kami telah membahas mengenai Dzikir Pagi, dari mulai keutamaannya dan doa-doa dzikir pagi,…
Istikharah
Selengkapnya

Shalat Istikharah

Menentukan suatu pilihan jika tidak di landasi dengan kemantapan hati memang terkadang menjadikan kita bimbang dan ragu, benar…
Gambar Doa Ketika Hujan
Selengkapnya

Doa Hujan

Pada artikel ini dibahas mengenai hadist hujan dan doa √ Doa Ketika Hujan √ Doa Ketika Hujan Deras…